TAHAP DAN PROSES RISET

Tahapan dan Proses Riset


No
Tahapan
Kegiatan
1
Menentukan tujuan riset/Identifikasi kebutuhan riset
Menentukan apa yang akan dipelajari/diteliti. Ini juga akan menetukan metode apa yang harus diambil. Dalam hal ini manager pemasaran dan peneliti pemasaran untuk mendefinisikan  masalah dengan hati-hati dan menentukan tujuan dari riset ini. Management harus mengarahkan agar jangan sampai masalah menjadi luas atau terlalu sempit.
2
Pengembangan rencana riset
Periset pemasaran mengharuskan pengembangan  rencana yang paling efisien untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan. Manajer pemasaran harus mengetahui biaya rencana riset, sumber data, pendekatan riset dan lainnya sebelum menyetujui. 
3
Mengumpulkan dan mengevaluasi data sekunder/ tinjauan pustaka
Mengumpulkan data pendukung dari penelitian pihak lain, pelanggan, teman, sistem informasi pasar, dokumen- dokumen publkasi kompetitor, atau penelitian sebelumnya.
4
Merancang studi riset primer
KUANTITATIF
- Pengumpulan data (observasi/pengamatan, waancara, study dokument, angket, eksperimen/percobaan/casual research, dan survey.bertanya langsung kepada orang-orang)
- Instrumen Pengumpulan data ( daftar pertanyaan, daftar pernyataan, dan skala sikap)
KUALITATIF
-Pengumpulam data ( depth interview, group focus, teknik proyeksi, analisis kiasan)
-Instrumen penumpulan data, dilakukan pakar-pakar terlatih sekaligus yang piawai memberikan analisis.
5
Mengumpulkan data primer
KUALITATIF, dilakukan pakar pengumpul data
KUANTITATIF, dilakukan pakar analisis
6
Menganalisis data
KUALITATIF, semua jawaban dianalisis
KUANTITATIF, menganalisis data dalam bentuk angka hasil pengumpulan data
7
Mempersiapkan laporan hasil riset
Laporan berisi kesimpulan singkat hasil riset

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA