TAHAP DAN PROSES RISET
Tahapan dan Proses Riset
No
|
Tahapan
|
Kegiatan
|
1
|
Menentukan tujuan riset/Identifikasi kebutuhan riset
|
Menentukan apa yang akan dipelajari/diteliti. Ini juga akan menetukan metode apa yang harus diambil. Dalam hal ini manager pemasaran dan peneliti pemasaran untuk mendefinisikan masalah dengan hati-hati dan menentukan tujuan dari riset ini. Management harus mengarahkan agar jangan sampai masalah menjadi luas atau terlalu sempit.
|
2
|
Pengembangan rencana riset
|
Periset pemasaran mengharuskan pengembangan rencana yang paling efisien untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan. Manajer pemasaran harus mengetahui biaya rencana riset, sumber data, pendekatan riset dan lainnya sebelum menyetujui.
|
3
|
Mengumpulkan dan mengevaluasi data sekunder/ tinjauan pustaka
|
Mengumpulkan data pendukung dari penelitian pihak lain, pelanggan, teman, sistem informasi pasar, dokumen- dokumen publkasi kompetitor, atau penelitian sebelumnya.
|
4
|
Merancang studi riset primer
|
KUANTITATIF
- Pengumpulan data (observasi/pengamatan, waancara, study dokument, angket, eksperimen/percobaan/casual research, dan survey.bertanya langsung kepada orang-orang)
- Instrumen Pengumpulan data ( daftar pertanyaan, daftar pernyataan, dan skala sikap)
KUALITATIF
-Pengumpulam data ( depth interview, group focus, teknik proyeksi, analisis kiasan)
-Instrumen penumpulan data, dilakukan pakar-pakar terlatih sekaligus yang piawai memberikan analisis.
|
5
|
Mengumpulkan data primer
|
KUALITATIF, dilakukan pakar pengumpul data
KUANTITATIF, dilakukan pakar analisis
|
6
|
Menganalisis data
|
KUALITATIF, semua jawaban dianalisis
KUANTITATIF, menganalisis data dalam bentuk angka hasil pengumpulan data
|
7
|
Mempersiapkan laporan hasil riset
|
Laporan berisi kesimpulan singkat hasil riset
|
Comments
Post a Comment