Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 12 April 2012

ASAS- ASAS ORGANISASI



ASAS- ASAS ORGANISASI


1.      Asas Perumusan Tujuan
Dimana sebagai haluan atau awal berdirinya suatu organisasi. Pemilihan bentuk, pembentukan struktur, pekerjaan apa yang akan dilakukan, kebutuhan tenaga ahli. Apa yang akan dicapai organisasi tersebut?.
2.      Asas Departemenisasi
Merupakan proses pengelompokan pekerjaan dalam departemen dan departemen ke dalam organisasi secara keseluruhan.
3.      Asas Pembagian Kerja atau Spesialisasi kerja
Dimana tenaga kerja dibagi- bagi atau dikelompokkan aktivitas pekerjaannya sesuai dengan kemampuannya. Hal ini agar disetiap bidang dipegang oleh orang yang benar.
4.      Asas Koordianasi
Dalam asas ini menyatakan bahwa dalam suatu organisasi perlu adanya hubungan sehingga terjadi keseimbangan di antara departemen satu dengan yang lainnya. Koordinasi pun bertindak sebagai gambaran adanya interaksi antara tugas yang diemban oleh para pekerjanya.
5.      Asas Pelimpahan Wewenang
Wewenang adalah suatu hak untuk melakukan atau memerintahkan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Sedang pelimpahan wewenang dapat diartikan sebagai penyerahan sebagian hak untuk mengambil tindakan agar tugas serta tanggung jawab dapat dilaksanakan oleh pejabat yang diberi wewenang. Delegasi adalah proses yang digunakan manajer untuk memindahkan wewenang dan tanggung jawab ke posisi hierarki di bawahnya.  
6.      Asas Rentangan Kontrol
Merupakan sejumlah anggota yang bertanggung jawab kepada seorang pimpinan/atasan. Pengendalian sendiri adalah proses sistematis yang digunakan oleh para manajer untuk menjadikan mereka konsisten dengan harapan-harapan yang sesuai dalam rencana, target dan standar kinerja.(Daft)

Ø  Faktor-faktor yang mempengaruhi rentang manajemen:
1.      Pekerjaan yang dilakukan oleh bawahan stabil dan rutin
2.      Bawahan melakukan tugas yang hampir sama
3.      Bawahan terkonsentrasi di satu lokasi
4.      Bawahan sangat terlatih dan tidak membutuhkan arahan dalam melakukan tugas
5.      Peraturan dan prosedur tugas sudah tersedia
6.      Sistem pendukung & SDM bagi manajer sudah tersedia
7.      Selera pribadi & gaya manajer menyukai rentang yg lebih besar
7.      Asas Jenjang Organisasi
Merupakan tingkat- tingkat satuan organisasi yang didalamnya terdapat pejabat, tugas serta wewenang tertentu menurut kedudukannya dari atas ke bawah dalam suatu fungsi tertentu.
8.      Asas Kesatuan Perintah
Dimana natinya ditiap- tiap pejabat hanya akan bisa diperintah dan bertanggung jawab kepada seorang atasan saja.
9.      Asas Fleksibilitas
Dimana suatu organisasi seharusnya dapat siubah dengan mudah. Disesuaikan dengan perubahan- perubahan yang terjadi setiap saat tanpa mengganggu aktivitas yang berlangsung.
10.  Asas Keberlangsungan
Suatu organisasi perlu memiliki jaminan untuk tetep berdiri dan melangsungkan aktivitas operasi secara terus- menerus.
11.  Asas Keseimbangan
Diamana satuan yang ada dalam organisasi harus ditampatkan pada struktur organisasi sesuai dengan fungsinya. Hal ini sangat penting dimana akan terlihat dan dapat diaplikasinnya TUPOKSI (tugas pokok dan fungsi).

Sedang menurut Alford dan Russel asas organisasi
1.      Situation Analysis.
Analisis Situasi yang mana terdiri dari SWOT Analysis, PEST Analysis, Marketing Mix(bauran kebijakan) dan Competitive Position (posisi persaingan).
2.      Objectives.
Obyektif kemana kita akan pergi (Where do we want to go)? Terdiri dari : Ashridge Mission Model, 5 P’s Model, SMART.
3.      Strategy
Strategi bagiamana kita mendapatkanya (How are we going to get there)? Terdiri dari : Market Segmentation (sekmentasi pasar) dan Positioning.
4.      Tactics
Taktik yang lebih detail dari strategi. Berupa Tools (alat) dan Komunikasi (Communication).
5.      Actions
Aksi implementasi, pengambilan perencanaan kerja dalam Action Plan (perncanaan aksi) . Terdiri dari RACI Model, CSFs dan, KPIs
6.      Control
Pengawasan track progress melalui pengukuran (measuring), pengawasan (monitoring), pengecekan (reviewing), penempatan (updating and modifying). Terdiri dari Kinerja manajemen (Performance Management) dan Blanced Scorecard. Keunikan metode SOSTAC adalah sederhana (simplicity). Pendekatan adalah memenuhi tahapan secara bersama-sama dalam menciptakan perencanaan pemasaran (marketing plan). Terdiri dari 5 C’s of Marketing Strategy (strategi pemasaran 5C), Feasibility Study (studi kelayakan), VMOST dan Customer Relationship Management (manajemen hubungan dengan pamilih).

ads

Ditulis Oleh : Arum Pakar Hari: 06.06 Kategori:

0 komentar:

Poskan Komentar