ASAS- ASAS ORGANISASI
ASAS- ASAS ORGANISASI
1.
Asas
Perumusan Tujuan
Dimana
sebagai haluan atau awal berdirinya suatu organisasi. Pemilihan bentuk,
pembentukan struktur, pekerjaan apa yang akan dilakukan, kebutuhan tenaga ahli.
Apa yang akan dicapai organisasi tersebut?.
2.
Asas
Departemenisasi
Merupakan proses pengelompokan
pekerjaan dalam departemen dan departemen ke dalam organisasi secara
keseluruhan.
3.
Asas Pembagian
Kerja atau Spesialisasi
kerja
Dimana
tenaga kerja dibagi- bagi atau dikelompokkan aktivitas pekerjaannya sesuai
dengan kemampuannya. Hal ini agar disetiap bidang dipegang oleh orang yang
benar.
4.
Asas Koordianasi
Dalam
asas ini menyatakan bahwa dalam suatu organisasi perlu adanya hubungan sehingga
terjadi keseimbangan di antara departemen satu dengan yang lainnya. Koordinasi
pun bertindak sebagai gambaran adanya interaksi antara tugas yang diemban oleh
para pekerjanya.
5.
Asas
Pelimpahan Wewenang
Wewenang
adalah suatu hak untuk
melakukan atau memerintahkan orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Sedang pelimpahan wewenang dapat diartikan sebagai
penyerahan sebagian hak untuk mengambil tindakan agar tugas serta tanggung
jawab dapat dilaksanakan oleh pejabat yang diberi wewenang. Delegasi adalah proses yang digunakan manajer untuk
memindahkan wewenang dan tanggung jawab ke posisi hierarki di bawahnya.
6.
Asas Rentangan
Kontrol
Merupakan sejumlah anggota yang
bertanggung jawab kepada seorang pimpinan/atasan. Pengendalian sendiri
adalah proses sistematis yang
digunakan oleh para manajer untuk menjadikan mereka konsisten dengan
harapan-harapan yang sesuai dalam rencana, target dan standar kinerja.(Daft)
Ø
Faktor-faktor yang mempengaruhi rentang manajemen:
1.
Pekerjaan
yang dilakukan oleh bawahan stabil dan rutin
2.
Bawahan
melakukan tugas yang hampir sama
3.
Bawahan
terkonsentrasi di satu lokasi
4.
Bawahan
sangat terlatih dan tidak membutuhkan arahan dalam melakukan tugas
5.
Peraturan
dan prosedur tugas sudah tersedia
6.
Sistem
pendukung & SDM bagi manajer sudah tersedia
7.
Selera
pribadi & gaya manajer menyukai rentang yg lebih besar
7.
Asas Jenjang
Organisasi
Merupakan
tingkat- tingkat satuan organisasi yang didalamnya terdapat pejabat, tugas
serta wewenang tertentu menurut kedudukannya dari atas ke bawah dalam suatu
fungsi tertentu.
8.
Asas
Kesatuan Perintah
Dimana
natinya ditiap- tiap pejabat hanya akan bisa diperintah dan bertanggung jawab kepada
seorang atasan saja.
9.
Asas
Fleksibilitas
Dimana
suatu organisasi seharusnya dapat siubah dengan mudah. Disesuaikan dengan
perubahan- perubahan yang terjadi setiap saat tanpa mengganggu aktivitas yang
berlangsung.
10. Asas Keberlangsungan
Suatu
organisasi perlu memiliki jaminan untuk tetep berdiri dan melangsungkan
aktivitas operasi secara terus- menerus.
11. Asas Keseimbangan
Diamana
satuan yang ada dalam organisasi harus ditampatkan pada struktur organisasi
sesuai dengan fungsinya. Hal ini sangat penting dimana akan terlihat dan dapat
diaplikasinnya TUPOKSI (tugas pokok dan fungsi).
Sedang menurut Alford dan Russel asas organisasi
1.
Situation Analysis.
Analisis Situasi yang mana terdiri dari SWOT Analysis, PEST
Analysis, Marketing Mix(bauran kebijakan) dan Competitive Position (posisi
persaingan).
2.
Objectives.
Obyektif kemana kita akan pergi (Where do we want to go)?
Terdiri dari : Ashridge Mission Model, 5 P’s Model, SMART.
3.
Strategy
Strategi bagiamana kita mendapatkanya (How are we going to
get there)? Terdiri dari : Market Segmentation (sekmentasi pasar) dan
Positioning.
4.
Tactics
Taktik yang lebih detail dari strategi. Berupa Tools (alat)
dan Komunikasi (Communication).
5.
Actions
Aksi implementasi, pengambilan perencanaan kerja dalam
Action Plan (perncanaan aksi) . Terdiri dari RACI Model, CSFs dan, KPIs
6.
Control
Pengawasan track progress melalui pengukuran (measuring),
pengawasan (monitoring), pengecekan (reviewing), penempatan (updating and
modifying). Terdiri dari Kinerja manajemen (Performance Management) dan Blanced
Scorecard. Keunikan metode SOSTAC adalah sederhana (simplicity). Pendekatan
adalah memenuhi tahapan secara bersama-sama dalam menciptakan perencanaan
pemasaran (marketing plan). Terdiri dari 5 C’s of Marketing Strategy (strategi
pemasaran 5C), Feasibility Study (studi kelayakan), VMOST dan Customer
Relationship Management (manajemen hubungan dengan pamilih).
Hubungan asas dan fungsi organisasi
ReplyDelete