Benito Mussolini


Benito Mussolini




      Benito Andrea Mussolini dilahirkan pada tanggal 29 Juli  1883 di Predappio, Italia. Lahir dari Alessandro, seorang perajin besi dan Rosa, seorang guru sekolah dasar di Predappio, Benito dilahirkan dari lingkungan keluarga miskin sebagaimana kondisi kebanyakan keluarga di Italia saat itu.


      Semenjak kecil Mussolini telah menunjukkan sikap yang keras menghadapi tentangan pada dirinya. Terbukti sejak kecil ia telah menjadi seorang yang kasar dan berkuasa pada teman-teman satu sekolahnya, dimana saat sekolah menegah, ia pernah menusuk perut temannya sendiri dan melempar botol tinta pada gurunya. Ia juga seorang atheis dan tak pernah dibabtis secara Katholik sebelum tahun 1922. Meski sikap Mussolini pada masa kecil sangatlah brutal, nilai-nilai sekolahnya selalu cemerlang dan ia pun lulus dari sekolah keguruan pada 1901.


      Sikap Mussolini saat menjadi guru tetap tidak jauh berbeda dengan masa kecilnya, ia menjadi guru yang tidak teladan, hobi berjudi, dan main perempuan. Setelahnya ia beremigrasi ke Swis pada 1902 untuk belajar mengenai politik.  


      Pemikiran Mussolini mengenai nasionalisme Italia berawal dari impian masa kecilnya yang memimpikan Italia bangkit sebagai kekuata utama Eropa sama seperti yang telah dilakukan Imperium Romawi kuno. Mussolini ingin menyatukan kembali semua daerah berbudaya Italia yang saat itu dikuasai oleh negara-negara lainnya, seperti Austria-Hungaria. Selain menjadi seorang yang irredentis dan ultranasionalis, Mussolini juga menjadi seorang yang anti-sosialis dan anti-komunis.


      Mussolini mulai membangun kekuatan politik yang besar setelah organisasi fasisnya, Fasci Italiani di Combattimento menjadi besar dan kuat di dalam negeri Italia, dan akhirnya melakukan kudeta terhadap perdana menteri Luigi Facta pada 1922. Setelahnya Mussolini membangun Italia sebagai negara yang dibangun atas dasar propaganda dan teror.
 

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA