John Lennon


John Lennon


John Winston Lennon, seorang pria asal Inggris yang lahir pada 9 Oktober 1940, dikenal sebagai musisi rock, pencipta lagu, dan aktivis perdamaian. Lennon memulai karir bermusiknya bersama The Quarrymen, yang dibentuknya pada tahun 1957 bersama dengan Paul McCartney, dan diikuti dengan bergabungnya George Harrison dan Stuart Sutcliffe. The Quarrymen kemudian menjadi awal dari terbentuknya The Beatles, band yang melambungkan namanya sebagai musisi. 

Bersama The Beatles, Lennon berhasil mencetak hits-hits dan mencapai popularitas tertinggi dalam dunia musik, hingga ia sempat berkata bahwa The Beatles lebih popular daripada Yesus. Kata-katanya ini mengundang kontroversi dan akhirnya membuat The Beatles sempat dicekal di radio-radio. Setelah itu muncul aksi protes dan pembakaran album The Beatles, barulah Lennon meminta maaf di hadapan publik. Sayangnya perjalanan Lennon bersama The Beatles harus berhenti tahun 1970. Dengan alasan tidak cocok lagi menjadi “pendamping” McCartney, Lennon mengundurkan diri, membubarkan The Beatles, dan memilih untuk bersolo karir. 

If someone thinks that love and peace is a cliche that must have been left behind in the Sixties, that's his problem. Love and peace are eternal. 

And so this is Xmas for black and for white, for yellow and red, let's stop all the fight. 

All we are saying is give peace a chance. 

If everybody wished for peace instead of another television set, then there would be peace. 

Lennon juga dikenal sebagai aktivis perdamaian. Selain menyampaikan pikirannya tentang perdamaian melalui quotes-quotes tersebut diatas, ia juga mewujudkan pemikirannya melalui lagu “Give Peace a Chance” dan “Imagine” yang dipopulerkannya saat bersolo karir bersama istri keduanya, Yoko Ono. Lagu “Give Peace a Chance” direkam saat Lennon dan Ono mengadakan acara “Bed-in for Peace” di Montreal tahun 1969. Hingga saat ini kedua lagu tersebut menjadi “lagu kebangsaan” perdamaian. Selain itu, Lennon juga tampil dalam acara “Free John Sinclair” yang merupakan konser untuk menuntut agar John Sinclair, seorang aktivis antiperang, dibebaskan. Dan 3 hari kemudian Sinclair dibebaskan. 

Sangat disayangkan umur Lennon ternyata tidak panjang. Pada 8 Desember 1980, Lennon meninggal karena ditembak oleh David Chapman, seorang penggemarnya. Kematiannya terus dikenang seluruh penggemarnya. Terutama di The Strawberry Fields Memorial di Central Park, New York, yang juga menjadi tempat untuk mengenang peristiwa 11 September dan kematian George Harrison.

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA