ANALISIS BUTIR TES ITEMAN 3.0


Interpretasi Output ITEMAN 3.0
Output Analisis Butir Soal ITEMAN 3.0.
1.      Prop. Correct adalah Proporsi siswa yang menjawab benar butir tes, tingkat kesukaran soal . Nilai ekstrem yang  mendekati nol atau satu menunjukkan bahwa butir soal tersebut terlalu sukar atau terlalu mudah untuk pesserta tes. Indeks ini disebut juga indeks tingkat kesukaran soal secara klasikal.
Soal dengan P 0.00 sampai 0.30 adalah soal sukar
Soal dengan P 0.30 sampai 0.70 adalah soal sedang
Soal dengan P 0.70 sampai 1.00 adalah soal mudah (Arikunto, 2006:210)
2.      Biser adalah indeks daya pembeda soal dengan menggunakan koefisien korelasi biserial. Nilai positif menunjukkan bahwa peserta tes yang menjawab benar butir soal mempunyai skor relatif tinggi dalam tes tersebut. Sebaliknya nilai negatif menunjukkan bahwa peserta tes yang menjawab benar butir soal memperoleh skor yang relatif rendah dalam tes. Untuk statistik pilihan jawaban (alternatif), korelasi biserial negatif sangat tidak dikehendaki untuk kunci jawaban dan sangat dikehendaki untuk pilihan jawaban yang lain.
D = 0.00 --- 0.20 adalah jelek (poor)
D = 0.20 --- 0.40 adalah cukup (satisfactory)
D = 0.40 --- 0.70 adalah baik (good)
D = 0.70 --- 1.00 adalah baik sekali (excellent)
D = negatif, semuanya tidak baik atau jelek sekali (Arikunto, 2006:208)
3.      Point biserial adalah juga indeks daya pembeda soal dan pilihan jawaban (alternatif) dengan menggunakan koefisien korelasi point biserial, penafsirannya sama dengan statistik biserial.
4.       Prop. Endorsing adalah angka yang menunjukkan efektifitas pengecoh. Tiap pilihan minimal dipilih oleh 5% pemilih Arikunto (2006:220)

Butir Soal Nomor 1

Seq.  Scale     Prop.                 Point            Prop.                     Point
No.   -Item     Correct  Biser.  Biser.   Alt.  Endorsing  Biser.  Biser.  Key
----  -----        -------     ------    ------   ----- ---------        ------    ------     ---

  1   0-1         0.000   -9.000  -9.000     A   0.000         -9.000  -9.000 
                                                            B     0.000        -9.000  -9.000     *
                                                            C     0.000        -9.000  -9.000 
                                                            D     0.000        -9.000  -9.000 
                                                            E     0.000        -9.000  -9.000 
                                                        Other   1.000       -9.000  -9.000 

Tingkat kesukaran sebesar 0.000 (sukar), yaitu 0,0% siswa menjawab soal dengan benar. Daya pembeda rbis=-9.000 dan rpbis=-9.000 keduanya bertanda negatif. Hal ini menunjukkan bahwa baik peserta tes yang pintar maupun kurang pintar cenderung menjawab salah soal ini. Pilihan B merupakan kunci jawaban bertanda negatif maka menunjukkan kunci jawaban tidak berfungsi sebagaimana mestinya.  Dilihat dari ditribusi jawaban semua pengecoh sama sekali tidak ada yang berfungsi. Hal ini terlihat dari Prop Endorsing semuanya 0,0%. Dengan kesimpulan butir soal nomor 1, sangat tidak baik dan perlu direvisi atau diganti dengan butir soal yang lain.

Butir Soal Nomor 2

2   0-2     0.886   -0.054  -0.033          A     0.886    -0.054    -0.033    *
                                                            B     0.057    -0.048    -0.024 
           CHECK THE KEY                  C     0.000    -9.000   -9.000 
   A was specified, E works better      D     0.029    -0.206   -0.081 
                                                            E     0.029     0.450     0.176   ?
                                                        Other   0.000    -9.000  -9.000 

Tingkat kesukaran soal ini sebesar 0.886 (sangat mudah), dimana 88,6% peserta tes menjawab benar. Daya pembeda, rbis=-0.054 dan rpbis=-0.033 bertanda negatif menunjukkan (jelek sekali). Hal ini menunjukkan bahwa peserta tes baik siswa pintar dan siswa kurang pintar cenderung menjawab salah. Alternatif jawaban siswa menjawab yaitu sebanyak 88,6% memilih alternatif A, 5,7% memilih alternatif B, 0% alternatif C, 2,9% alternatif D, dan 0,29% alternatif E. Hal ini menunjukkan pengecoh pilihan A dan B efektif sedang pilihan C, D, dan E tidak berfungsi. Terdapat tanda tanya pada pengecoh E (dimana kunci jawaban adalah A) dimana alternatif E bernilai pisitif dan lebih besar dari kunci jawaban A maka pilihan tersebut perlu ditinjau lagi dari segi kualitatif.

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA