Kuliner Segar Rujak Es Krim



Kuliner Segar Rujak Es Krim
Dinginnya Es Krim Bercampur dengan Pedasnya Rujak



Siapa sangka bahwa dingin dan manisnya es krim dapat bercampur dengan satu dengan pedasnya rujak. Hal tersebut dapat dijumpai di salah satu gerai kaki lima di sekitar Langgardalem. Di sekitar daerah tersebut kuliner satu ini sangat tersohor. Bahkan pembeli sudah mengantri beberapa sebelum gerai dibuka.
Rujak es krim tersebut terletak di Jalan Kyai Noor Badri Syahid, tepatnya di belakang Wisata Religi Menara Kudus. Kuliner tersebut merupakan usaha dari Pak Yitno, dalam pembuatannya sangat simpel dan mudah.
“Satu hari ya tidak menghitung berapa porsi yang terjual, yang penting habis saja,” ungkapnya.
Buah-buahan menjadi bahan baku utama dalam kuliner ini. Berbagai buah-buahan, ada mentimun, bengkoang, pepaya muda, kedondong, dan buah lainnya. Semua buah-buahan tersebut di parut satu persatu. Kemudian dicampur menjadi satu.
Sedangkan untuk bumbunya sendiri, terdiri dari gula merah yang telah dicairkan. Selain itu juga ada kacang tanah yang telah dihancurkan. Tak ketinggalan cabe cair yang membuat rujak es krim memiliki citarasa yang pedas.
Untuk penyajian sendiri, mangkok es pertama diisi dengan campuran parutan buah-buahan. Lalu diatasnya diberi taburan kacang tanah yang sudah dihancurkan serta diguyur dengan gula merah cair. Barulah dibagian atas akan ditambah dengan tumpukan es krim.
”Pertama parutan buah dulu, ditaburi kacang, terus diguyur gula merah cair. Baru ditambahkan tumpukkan es krim di atasnya,” ungkapnya.
Menurut salah satu pembeli, Ratna ini kali pertama di membeli rujak es krim. Pasalnya dia tahu dari salah seorang temannya. Pasalnya dia penasaran dengan kulier tersebut.
”Baru pertama kali mencoba, katanya enak dan selalu rame,” ungkapnya.
Rujak es krim perlu untuk dicoba saat siang hari dimana matahari sangat panas. Selain itu kuliner satu ini cocok bagi pecinta kuliner pedas. Perpaduan rasa pedas dan dinginnya es krim dapat mengurangi rasa pedas di dalam mulut.
Terbukti kesan pertama saat mencicipi kuliner ini, rasa manis dari es krim dan buah-buahan begitu terasa. Namun disisi lain guyuran cabe cair membuatnya terasa berbeda. Rasa manis-manis pedas pun bercampur. (rum)

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA