Pembelajaran Kooperatif (Student Team Archievement Division) STAD
STAD, merupakan salah satu
system pembelajaran kooperatif yang di dalamnya siswa dibentuk kedalam kelompok
belajar yang terdiri dari empat atau lima anggota yang mewakili siswa dengan
tingkat kemampuan dan jenis kelamin yang berbeda. Guru memberikan pelajaran dan
selanjutnya siswa bekerja dalam kelompoknya masing-masing untuk memastikan
bahwa semua anggota kelompok telah menguasai pelajaran yang diberikan.Kemudian
siswa melaksanakan tes atas materi yang diberikan dan mereka harus mengerjakan
sendiri tanpa bantuan siswa lainnya.
Nilai tes yang mereka peroleh,selanjutnya dibandingkan dengan nilai rata-rata yang mereka peroleh sebelumnya dan kelompok-kelompok yang berhasil memenuhi criteria diberi nilai tersendiri sehingga nilai ini kemudian ditambahkan pada nilai kelompok.
Menurut Slavin,STAD terdiri dari lima komponen uatama, yaitu presentasi kelas,kelompok,tes,nilai peningkatan individu,dan penghargaan kelompok.
Strategi STAD lebih mementingkan sikap daripada teknik dan prinsip,yakni sikap partisipasi dalam rangka mengembangkan potensi kognitif dan afektif.Dengan demikian,siswa lebih (being mode ) bukan hanya sekedar (being have ).
Kelebihan system ini, antara lain
1. Siswa lebih mampu mendengar,menerima dan menghormati serta menerima orang lain
2. Siswa mampu mengidentifikasi akan perasaannya juga perasaan orang lain.
3. Siswa dapat menerima pengalaman dan dan dimengerti orang lain.
4. Siswa mampu meyakinkan dirinya untuk orang lain dengan membantu orang lain dan meyakinkan dirinya untuk saling memahami dan mengerti.
5. Mampu mengembangkan potensi individu yang berhasil guna dan berdaya guna,kreatif,bertanggung jawab,mampu mengaktualisasikan , dan mengoptimalkan dirinya terhadap perubahan yang terjadi
Comments
Post a Comment