SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH

RESUME HASIL WAWANCARA DI SDN PATEMON 01 GUNUNGPATI SEMARANG

Tanya jawab
1.      Bagaimana sistem informasi di SDN Patemon 01?
Sebagian informasi SDN Patemon 1 sama seperti sekolah lainnya. Misalnya tentang informasi peraturan dana BOS kemudian RAPBN. Dimana memang untuk memasukkan data kami mengalami kesulitan, karena harus online. Selain itu juga sekolah bergantung pada sistem informasi berbasis internet yang digunakan Dinas Pendidikan Kota Semarang. Berkaitan dengan kesulitan saat login maupun dari password. Dimana setiap sekolah harus memasukkan data sekolah, data siswa dan lain-lain. Tetapi berhubung Id dan password didapat dari Dinas, sekolah kesulitan karena terkadang sistem Dinas justru memblock saat sekolah login. Hal ini terjadi karena sistem yang digunakan masih kurang memadai.
2.      Bagaimana proses penginputan data dan kendala saat penginputan data dari SDN Patemon 01 sampai ke Dinas Pendidikan Kota Semarang?
Pengolahan data dimulai dengan penginputan. Penginputan data sendiri dilakukan melalui website resmi Dinas Pendidikan. Dimana dari Dinas, sekolah diberikan Id sekolah dan Password yang biasanya berupa NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional). Namun terdapat kendala saat proses tersebut. Misalnya kita sudah bisa login, tetapi muncul pemberitahuan untuk mengganti password. Dari pihak admin sekolah akan mengganti. Namun pada suatu ketika, akun tidak bisa dibuka karena passsword ternyata invalid. Sedang ketika salah memasukkan password tiga kali, akun langsung di blacklist. Dan dari pihak sekolah harus mulai dari awal lagi untuk penginputan data.
3.      Pihak yang terkait dalam penginputan data?
Dalam penginputan data pihak yang bertanggungjawab adalah Tim. Dimana Sekolah Dasar belum memiliki TU, jadi dalam proses informasi selalu dilakukan dengan Tim., Misalnya data yang diinput juga memerlukan kerjasama dari guru- guru mapel. Jadi dalam penginputan maupun proses
4.      Apakah SDN Patemon 01 memiliki website resmi?
SDN Patemon 01 belum memiliki website resmi, tetapi SDN Patemon 01 memiliki email sebagai media identitas sekolah. Hal itu dikarenakan memang belum ada SDM yang secara matang bisa menggunakan dan mengoperasikan web. Sebenarnya dari pihak Dinas pernah menawarkan untuk memberikan seminar dan pelatihan dalam mengoptimalkan internet dalam proses pendidikan di Sekolah Dasar Kota Semarang. Tetapi memang belum ada dari pihak sekolah yang berkompeten untuk menggunakan website resmi seperti sekolah lain.
5.      Apa saja kegiatan yang dilakukan melalui internet?
PPD Online
PPD online mulai dilaksanakan di SD- SD di Gunungpati, meskipun belum semuanya. Tetapi rencananya tahun depan SD- SD di Gunungpati sudah siap untuk PPD Online. SD Patemon 01 sudah melaksanakan PPD Online dua tahun ini. Dimana calon siswa maupun orang tua calon siswa yang sudah bisa mengunakan internet, dapat langsung mendaftarkan anaknya. Tetapi dalam proses itu, orang tua calon siswa harus tetap melakukan verifikasi kepada sekolah. Karena meskipun telah mendaftar online, berkas- berkas yang diperlukan harus dikumplkan lewat sekolah yang dituju. Dalam pendaftaran PPD Online, calon siswa boleh mendaftar dengan mengajukan dua pilihan sekolah. Sekolah satu sebagai pilihan pertama dan yang lainnya adalah pilihan kedua. Berkas yang diperlukan dalam pendaftaran adalah KK asli. Tetapi sistem dari pusat belum maksimal, sehingga masih ada siswa yang diterima di dua sekolah, sedangkan seharusnya siswa hanya diterima dipilihan pertama.
6.      Pertukaran informasi pihak sekolah dengan pihak luar?
1.      Hubungan dengan orang tua siswa melalui diskusi kecil saat pengambilan rapor siswa.
2.      Diadakan rapat pleno tahunan dengan pihak komite sekolah dan orang tua.
3.      Diadakan diskusi dengan orang tua mengenai program dan kegiatan untuk siswa.
4.      Adanya KKG (Kelompok Kerja Guru) sebagai ajang diskusi guru- guru mapel dalam satu wilayah. Dimana untuk Kecamatan Gunungpati, dimana UPTD dibagi beberapa Dabin, lalu dibagi menjadi beberapa Gugus yang berisi 5 SD. dimana SD 01 Patemon tergabung di gugus inti Dr. Soetomo bersama dengan SDN Ngijo 02, SDN Mangunsari 01, dan SDN Patemon 02.
7.      Untuk sekarang, program apa saja yang ada di SDN 01 Patemon?
Program untuk saat ini antara lain:
1.      Sholat berjamaah setiap ada mapel Pendidikan Agama Islam.
2.      Les tambahan bagi kelas 6 dan pemantapan siswa saat akan mengikuti lomba.
3.      Kegiatan Pramuka (wajib)
4.      Kegiatan Ekstrakulikuler
5.      Ujian Sekolah
6.      Ujian Nasional
7.      Lomba siswa berprestasi
8.      Loma mapel tingkat kecamatan Gunungpati
9.      Lomba administrasi sekolah
10.  Popda (Pekan Olahraga Daerah) 2013
8.      Prestasi SDN Patemon 01
2013
1.      Juara I Mipa Sekecamatan Gunungpati
2.      Juara II voli
3.      Juara IV voli
2012
1.      Juara III Tari Baru Islami, Harul MTS
2.      Juara II Lomba Kreasi Seni, MAS  Al Ansror
3.      Juara I puteri Cerita Rasul, MAPSI SD (Mata Pelajaran dan Seni Islami)
4.      Juara II Putera Cerita Rasul, MAPSI SD (Mata Pelajaran dan Seni Islami)
5.      Juara II Lomba mapel Khat Kaligrafi
6.      Juara II Mithobah Puteri


Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA