Contoh Output Analisis Butir Soal ITEMAN 3.0.
Output
Analisis Butir Soal ITEMAN 3.0.
1.
Prop. Correct adalah Proporsi siswa yang
menjawab benar butir tes, tingkat kesukaran soal . Nilai ekstrem yang mendekati nol atau satu menunjukkan bahwa
butir soal tersebut terlalu sukar atau terlalu mudah untuk pesserta tes. Indeks
ini disebut juga indeks tingkat kesukaran soal secara klasikal.
Soal dengan P 0.00
sampai 0.30 adalah soal sukar
Soal dengan P 0.30
sampai 0.70 adalah soal sedang
Soal dengan P 0.70
sampai 1.00 adalah soal mudah (Arikunto, 2006:210)
2.
Biser adalah indeks daya pembeda soal dengan
menggunakan koefisien korelasi biserial. Nilai positif menunjukkan bahwa
peserta tes yang menjawab benar butir soal mempunyai skor relatif tinggi dalam
tes tersebut. Sebaliknya nilai negatif menunjukkan bahwa peserta tes yang
menjawab benar butir soal memperoleh skor yang relatif rendah dalam tes. Untuk
statistik pilihan jawaban (alternatif), korelasi biserial negatif sangat tidak
dikehendaki untuk kunci jawaban dan sangat dikehendaki untuk pilihan jawaban
yang lain.
D = 0.00 --- 0.20
adalah jelek (poor)
D = 0.20 --- 0.40
adalah cukup (satisfactory)
D = 0.40 --- 0.70
adalah baik (good)
D = 0.70 --- 1.00 adalah
baik sekali (excellent)
D = negatif, semuanya
tidak baik atau jelek sekali (Arikunto, 2006:208)
3.
Point biserial adalah juga indeks daya pembeda
soal dan pilihan jawaban (alternatif) dengan menggunakan koefisien korelasi
point biserial, penafsirannya sama dengan statistik biserial.
4.
Prop.
Endorsing adalah angka yang menunjukkan efektifitas pengecoh. Tiap pilihan
minimal dipilih oleh 5% pemilih Arikunto (2006:220)
Butir Soal Nomor 1
Seq. Scale
Prop. Point Prop. Point
No. -Item
Correct Biser. Biser.
Alt. Endorsing Biser.
Biser. Key
---- -----
------- ------ ------
----- --------- ------ ------
---
1
0-1 0.000 -9.000
-9.000 A 0.000
-9.000 -9.000
B 0.000 -9.000
-9.000 *
C 0.000 -9.000
-9.000
D 0.000 -9.000
-9.000
E 0.000 -9.000
-9.000
Other
1.000 -9.000 -9.000
Tingkat
kesukaran sebesar 0.000 (sukar), yaitu 0,0% siswa menjawab soal dengan benar. Daya
pembeda rbis=-9.000 dan rpbis=-9.000 keduanya bertanda
negatif. Hal ini menunjukkan bahwa baik peserta tes yang pintar maupun kurang
pintar cenderung menjawab salah soal ini. Pilihan B merupakan kunci jawaban
bertanda negatif maka menunjukkan kunci jawaban tidak berfungsi sebagaimana
mestinya. Dilihat dari ditribusi jawaban
semua pengecoh sama sekali tidak ada yang berfungsi. Hal ini terlihat dari Prop Endorsing semuanya 0,0%. Dengan
kesimpulan butir soal nomor 1, sangat tidak baik dan perlu direvisi atau diganti
dengan butir soal yang lain.
Butir Soal Nomor 2
2 0-2
0.886 -0.054 -0.033
A 0.886
-0.054 -0.033
*
B 0.057
-0.048 -0.024
CHECK THE KEY C 0.000
-9.000 -9.000
A was specified, E works better D
0.029 -0.206 -0.081
E 0.029
0.450 0.176 ?
Other
0.000 -9.000 -9.000
Tingkat
kesukaran soal ini sebesar 0.886 (sangat mudah), dimana 88,6% peserta tes
menjawab benar. Daya pembeda, rbis=-0.054 dan rpbis=-0.033
bertanda negatif menunjukkan (jelek sekali). Hal ini menunjukkan bahwa peserta
tes baik siswa pintar dan siswa kurang pintar cenderung menjawab salah. Alternatif
jawaban siswa menjawab yaitu sebanyak 88,6% memilih alternatif A, 5,7% memilih
alternatif B, 0% alternatif C, 2,9% alternatif D, dan 0,29% alternatif E. Hal
ini menunjukkan pengecoh pilihan A dan B efektif sedang pilihan C, D, dan E
tidak berfungsi. Terdapat tanda tanya pada pengecoh E (dimana kunci jawaban
adalah A) dimana alternatif E bernilai pisitif dan lebih besar dari kunci
jawaban A maka pilihan tersebut perlu ditinjau lagi dari segi kualitatif.
Butir Soal Nomor 3
3 0-3
0.057 -0.235 -0.116
A 0.514
0.252 0.201 ?
B 0.000
-9.000 -9.000
CHECK THE KEY C 0.057
-0.235 -0.116 *
C was specified, A works better D
0.114 -0.168 -0.102
E 0.314
-0.116 -0.088
Other
0.000 -9.000 -9.000
Tingkat
kesukaran 0.057 (sukar), menunjukkan 5,7% peserta tes menjawab jawaban dengan
benar. Daya pembeda rbis=-0.235 dan rpbis=-0.116 bertanda
negatif menunjukkan (jelek sekali). Menunjukkan bahwa peserta tes baik siswa
pintar dan kurang pintar cenderung menjawab salah soal ini. Dilihat pengecohnya
pilihan 51,4% memilih A, 5,7% untuk C, 11,4% untuk D, dan 31,4% untuk E
berfungsi dengan baik sedang pilihan 0,00% untuk B tidak berfungsi. Terdapat
tanda tanya pada pilihan A (dimana kunci jawaban adalah C) menunjukkan bahwa
pilihan A bernilai positif dibanding C sebagai kuncinya. Hal ini menunjukkan
bahwa ada kecenderungan peserta tes yang pintar memilih jawaban A sebagai jawaban
dan siswa yang kurang pintar tidak memilih alternatif jawaban A. Maka pilihan tersebut
perlu ditinjau lagi.
Butir Soal Nomor 4
4 0-4
0.029 0.778 0.305
A 0.029
0.778 0.305 *
B 0.543
-0.159 -0.127
C 0.429
0.031 0.025
D 0.000
-9.000 -9.000
E 0.000
-9.000 -9.000
Other
0.000 -9.000 -9.000
Tingkat
kesukaran 0.029 (sukar), 2,9% menunjukan peserta tes dapat menjawab soal ini
dengan benar. Daya pembeda rbis=0.778 (baik sekali) dan rpbis=0.305
bertanda positif menunjukkan bahwa siswa baik untuk membedakan siswa pintar dan
kurang pintar. Dilihat dari pengecoh pilihan siswa sebanyak 54,3% untuk B dan 42,9%
untuk C pilihan sudah berfungsi baik sedangkan
A, D, dan E tidak berfungsi.
Butir Soal Nomor 5
5 0-5
0.000 -9.000 -9.000
A 0.229
-0.073 -0.053
B 0.000
-9.000 -9.000 *
CHECK THE KEY C 0.257
-0.110 -0.081
B was specified, E works better D
0.057 -0.048 -0.024
E 0.457
0.159 0.127 ?
Other
0.000 -9.000 -9.000
Tingkat
kesukaran 0.000 (sukar),
Butir Soal Nomor 6
6 0-6
0.029 -0.206 -0.081
A 0.057
0.139 0.069 ?
B 0.914
-0.016 -0.009
CHECK THE KEY C 0.029
-0.206 -0.081 *
C was specified, A works better D
0.000 -9.000 -9.000
E 0.000
-9.000 -9.000
Other
0.000 -9.000 -9.000
Tingkat
kesukaran 0.029 (sukar), yaitu 2,9% peserta tes menjawab benar. Daya pembeda rbis=-0.206
dan rpbis=-0.081 bertanda negatif artinya baik siswa pintar dan
siswa kurang pintar cenderung menjawab salah soal ini. Dari disribusi jawaban,
alternatif jawaban A 5,7% dan B 91,4% berfungsi efektif sedangkan alternatif C,
D, dan E tidak berfungsi. Tanda tanya pada alternatif A terdapat tanda tanya
menunjukkan bernilai positif dan lebih besar dari kunci jawaban yaitu C. Hal
ini berarti bahwa siswa pintar cenderung memilih alternatif A dan siswa kurang
pintar cenderung tidak memilih alternatif A. Maka perlu ditinjau ulang.
Butir Soal Nomor 7
7 0-7
0.086 0.700
0.392 A 0.371 -0.180
-0.141
B 0.029
0.778 0.305
C 0.514
-0.232 -0.185
D 0.086
0.700 0.392 *
E 0.000
-9.000 -9.000
Other
0.000 -9.000 -9.000
Tingkat
kesukaran 0.086 (sukar), sebanyak 8,6% peserta tes menjawab soal dengan benar.
Daya pembeda rbis= 0.700 (baik sekali) dan rpbis= 0.392
bertanda positif menunjukka siswa pintar cenderung menjawab benar soal ini dan
siswa kurang pintar cenderung menjawab salah. Ditinjau dari pengecohnya
sebanyak 37,1% siswa memilih alternatif A, sebanyak 51,4% untuk C dan 8,6%
untuk D, menunjukkan pengecoh berfungsi efektif sedangkan alternatif jawaban A
dan E tidak berfungsi. Alternatif jawaban D adalah kunci jawaban, bertanda
positif menunjukkan bahwa kunci jawaban berfungsi sebagaimana mestinya.
Kesimpulannya butir ini perlu ditinjau ulang.
Butir Soal Nomor 8
8 0-8
0.000 -9.000 -9.000
A 0.029
-0.206 -0.081
B 0.114
0.387 0.235 ?
CHECK THE KEY C 0.000
-9.000 -9.000 *
C was specified, B works better D
0.857 -0.271 -0.175
E 0.000
-9.000 -9.000
Other
0.000 -9.000
-9.000
Tingkat
kesukaran 0.000 (sukar), 0% siswa yang
menjawab benar. Daya pembeda rbis=-9.000 dan rpbis=
-9.000 bertanda negarif artinya daya pembeda sangat jelek, tidak dapat
membedakan siswa yang pintar dan kurang pintar. Dilihat dari pengecohnya siswa
memilih sebanyak 11,4% untuk alternatif B dan 85,7% untuk D menunjukkan
pengecoh berfungsi efektif sedangkan alternatif A, C, dan E tidak berfungsi.
Alternatif C merupakan kunci jawaban tidak berfungsi sebagaimana mestinya,
justru siswa pintar cenderung memilih jawaban B yang bernilai lebih besar dan
positif sebagai jawabannya. Maka soal ini perlu ditinjau ulang.
Butir Soal Nomor 9
9 0-9
0.200 0.352 0.247
A 0.200
0.123 0.086
B 0.200
-0.337 -0.236
C 0.371
-0.123 -0.096
D 0.029
0.122 0.048
E 0.200
0.352 0.247 *
Other
0.000 -9.000 -9.000
Dilihat
tingkat kesukarannya 0.200 (sukar), sebanyak 20% siswa menjawab benar soal ini.
Daya pembeda rbis= 0.352 (cukup) dan rpbis= 0.247
bertanda positif artinya soal ini cukup membedakan siswa pintar dan kurang
pintar. Hal ini menunjukkan kcenderungan siswa pintar cenderung menjawab benar,
dan siswa kurang pintar cenderung menjawab salah. dilihat dari pengecoh siswa
cenderung merespon alternatif jawaban A, B, C, dan E sedangkan alternatif
jawaban D pengecoh tidak berfungsi. Alternatif E sebagai kunci jawaban
berfungsi sebagaimana mestinya. Meski begitu dari tingkat kesukaran butir soal
ini perlu ditinjau ulang.
Butir Soal Nomor 10
10 0-10
0.000 -9.000 -9.000
A 0.086
0.426 0.238 ?
B 0.200
-0.260 -0.182
CHECK THE KEY C 0.057
-0.422 -0.208
D was specified, A works better D 0.000
-9.000 -9.000 *
E 0.657
0.148 0.115
Other
0.000 -9.000 -9.000
Dari
tingkat kesukaran 0.000 (sukar), 0% siswa dapat menjawab soal dengan benar.
Daya pembeda rbis= -9.000 dan rpbis= - 9000 bertanda
negatif artinya soal ini tidak bisa membedakan antara siswa pintar dan siswa
kurang pintar. Dimana siswa pintar dan siswa kurang pintar cenderung menjawab
salah soal ini. Dari pengecoh, alternatif jawaban sebanyak 8,6% respon A, 20%
respon B, 5,7% respon C dan 65,7% untuk respon E berfungsi dengan efektif
sedang alternatif jawaban D tidak berfungsi. Alternatif kunci jawaban yaitu D
tidak berfungsi sebagaimana mestinya, terlihat alternatif A lebih bernilai
besar dan positif. Hal ini menunjukkan siswa pintar justru memilih alternatif A
sebagai jawabannya. Jadi soal ini perlu direvisi.
Comments
Post a Comment