PUBLIC SPEAKING


LAPORAN AKHIR PUBLIC SPEAKING
ILMU KOMUNIKASI
Arum Novitasari (7101410188)

1.      MATERI
The North Yungas Road (alternatif dikenal sebagai Jalan Grove, Coroico Road, Camino de las Yungas Road of Death atau Jalan Kematian) adalah satu kilometer 61 (38 mil) atau 69 kilometer (43 mil) jalan terkemuka dari La Paz untuk Coroico , 56 kilometer (35 mil) timur laut dari La Paz di Yungas wilayah Bolivia . Hal ini legendaris untuk bahaya ekstrim dan pada tahun 1995 Bank Pembangunan Antar-Amerika dibaptis sebagai "jalan paling berbahaya di dunia" itu. Salah satu perkiraan adalah bahwa 200 hingga 300 wisatawan yang dibunuh setiap tahun di sepanjang jalan . Jalan ini mencakup salib menandai banyak tempat di mana kendaraan telah jatuh.
Sebuah Selatan Yungas Road (Jalan Chulumani) ada yang menghubungkan La Paz untuk Chulumani , 64 kilometer (40 mil) timur dari La Paz, dan dianggap hampir sama berbahayanya dengan Road Utara.
Ibaratkan setiap kendaraan yang lewat adalah anda. Jalan begitu sempit dan sulit di lalui. Tapi kendaraaan itu tetap bisa melewatinya. Ibaratkan jalan tersebut adalah perjalanan hidup anda. Hidup tak mungkin berjalan secara lancar terus, tidak terus berjalan dengan yang anda kehendaki, jika itu bisa maka setiap kehendak manusia akan terjadi. Bukan seperti itu, tentu tidak mudah, banyak rintangan untuk mencapai tujuan anda. Tapi satu yang perlu diingat, percayakan langkah anda pada diri anda sendiri. Bahwa anda bisa melakukan yang terbaik. Siapa yang akan menolong diri anda, jika bukan anda sendiri. Tuhan saja percaya pada anda, membiarkan anda hidup di dunia, mempercayakan bumi pada manusia. Kenapa kita tidak bisa percaya pada diri kita sendiri. Kegagalan itu pasti, tapi anda akan menyesal jika tak pernah gagal. Jadi stay calm dan berusaha apa yang anda kehendaki. Lihat orang- orang yang menyayangi anda. Berbahagialah anda dengan diri anda, berbahagialah dengan orang- orang yang menyayangi anda, dan berbahagialah dengan kehidupan yang Tuhan berikan kepada anda.
2.      BEBERAPA COMMENT AUDIANCE
a.       Comment Positif
1.      Materi cukup dapat tersampaikan
2.      Bagus, suara jelas dan komunikatif
3.      Tema sudah bagus dan simpulan yang bagus pula
4.      Menguasai materi
5.      Kreatif, ekspresif dan menginspirasi
6.      Persiapan matang, bagus
7.      Kata- katanya mengandung berjuta makna
8.      Gesture dan cara berbicara sudah bagus

b.      Comment Negatif
1.      Pesan dapat ditangkap tapi cerita tidak begitu jelas
2.      Suara jelas, tapi kurang keras
3.      Muka tertuju ke kiri terus
4.      Kurang menguasai stage
5.      Bingung
6.      Suara kurang lantang

3.      SOLUSI COMMENT

1.      Karena saya tak begitu pandai berbicara dan tak begitu suka berbicara banyak, mungkin beberapa cerita tidak tersampaikan atau menjadikan anda bingung. Lain kali akan saya coba agar lebih baik dalam bercerita dan berbagi cerita.
2.      Dalam penguasaan stage mungkin saya harus lebih banyak belajar dalam melihat dan memperhatikan setiap yang ada di dalam ruang kuliah.
3.      Dalam penggunaan suara, terkadang beberapa kata memang saya buat agak lirih. Tapi dalam beberapa hal akan saya perbaiki lagi.



4.      KESIMPULAN

Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Layaknya saya dan anda. Setidaknya banyak yang berbeda antara kita. Dan karena Tuhan menciptakannya seperti itu, jadi jangan sedih, dan jangan sekali- kali mencoba untuk menuntut atas apa yang diberikan kepada diri anda pada Tuhan. Jika anda menghardik diri anda, apalagi orang lain. Tidak ada yang bisa menghargai diri anda lebih tinggi kecuali diri anda sendiri. Satu- satunya hal yang bisa anda ubah menjadi lebih baik adalah diri anda sendiri.
Berusaha dan lakukan yang terbaik yang bisa anda lakukan. Jangan pikirkan apa yang tidak bisa anda lakukan, tapi coba sekali- kali pikirkan apa yang bisa anda lakukan. Kehidupan kadang tak berpihak, tapi anggaplah itu satu bagian dalam hidup anda. Tidak boleh ada penyesalan dalam hidup anda. Itu adalah yang anda lakukan dan percaya pada diri anda sendiri. Itulah jawaban yang anda butuhkan.
Tidak ada kesempurnaan kecuali Tuhan. Jangan pernah berfikir untuk melakukan sesuatu dengan kesempurnaan tapi cobalah dengan melakukan dengan ketepatan, kedislipinan dan lihat. YOU CAN DO IT.

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA