FUNGSI- FUNGSI MANAJEMEN


Nah... ini gua rangkum sesingkat mungkin......


URAIAN SINGKAT TENTANG FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
1.    Planning (Perencanaan) adalah pemilihan faka-fakta dan usaha menghubung-hubungkan antara fakta yang satu dengan fakta yang lain, kemudian membuat perkiraan dan peramalan tentang keadaan dan perumusan tindakan untuk masa yang akan datang yang sekiranya diperlukan untuk mencapai hasil yang dikehendaki. Atau dngan kata lain, Perencanaan adalah kegiatan yang berhubungan dengan waktu untuk mencapai tujuan.
2.    Organizing (Pengorganisasian) adalah mengalokasikan seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan antara kelompok kerja dan menetapkan wewenang serta tanggung jawab masing-masing individu yang bertanggung jawab atas setiap komponen kerja dan menyediakan lingkungan kerja yang tepat dan sesuai. Atau dengan kata lain, Pengorganisasian adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengatur manusia, karyawan, atau pegawai.
3.    Actuating (Pengarahan) adalah menempatkan semua anggota dari kelompok agar kerja secara sadar untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan dan pola organisasi. Atau dengan kata lian, Pengarahan adalah kegiatan yang berhubungan dengan memotivasi atau memberi semangat kepada karyawan atau pegawai.
4.    Coordinating (pengkoordinasian) merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.
5.    Controlling (Pengendalian) adalah proses penentuan apa yang akan dicapai, apa yag sedang dihasilkan, menilai pelaksanaan bilamana perlu mengambil tindakan korektif sehingga pelaksanaan dapat berjalan menurut rencana, yaitu sesuai dengan standard. Atau dengan kata lain, Pengawasan adalah kegiatan yang berhubungna dengan mengendalikan atau mengawasi setiap pekerjaan serta melakukan tindakan koreksi.

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA