NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
Di sini saya ingin berbagi sedikit pengalaman waktu PPL di salah satu SMP di Kota Semarang. Waktu mengajar saya menggunakan metode Numbered Head Together. NHT dimana siswa menggunakan nomor di kepala mereka tergantung dari sebegrapa banyak anggota dalam satu kelompok, yang saya gunakan adalah 1 sampai 4. Metode ini bertujuan untuk membuat iklim belajar menjadi menarik dan menyenangkan. Siswa tidak hanya sekedar membaca buku pelajaran atau mendengar guru menjelaskan pelajaran. NHT mengarahkan siswa untuk belajar berdiskusi dalam menyelesaikan masalah pada suatu materi. Berikut foto-foto kegiatan pembelajaran dengan Numbered Head Together (NHD) beserta RPP nya.
Guru memperhatikan sikap siswa saat berdiskusi
tampak siswa berdiskusi untuk menyelesaikan masalah
guru membimbing siswa ketika mengalami kesulitan
Nah berikut adalah RPP dalam metode Numbered Head Together yang saya buat,....
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMP N 32 Semarang
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Semester : VII/ I (Satu)
Pertemuan ke : 5
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (2 jam pelajaran)
KKM :
75
I. Standar Kompetensi : Memahami
usaha manusia memenuhi kebutuhannya
II. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk
sosial dan ekonomi yang bermorall dalam memenuhi kebutuhannya
III.
Indikator :
·
Mengidentifikasi
perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi kreatif, tanggung
jawab, dan kerja sama
· Menyebutkan macam-macam sumber daya secara cermat,
tepat,
dan bertanggung
jawab
·
Menyebutkan contoh
perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi secara kreatif,
cermat
dan mandiri
IV.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
proses belajar mengajar diharapkan:
·
Siswa dapat mengidentifikasi perilaku manusia dalam memanfaatkan
sumber daya ekonomi kreatif, tanggung jawab dan kerja
sama
· Siswa dapat menyebutkan macam-macam sumber daya secara
cermat,
tepat,
dan bertanggung
jawab
·
Siswa dapat
menyebutkan contoh perilaku manusia dalam memanfaatkan sumber daya ekonomi
secara kreatif, cermat dan mandiri
V.
Materi
Pokok Pembelajaran
1.
Sumber daya nonhayati
2.
Sumber daya
buatan/teknologi
3.
Sumber daya
modal
4.
Contoh dan
pemanfaatan sumber daya ekonomi oleh manusia secara bermoral
VI.
Pendekatan
Kontekstual
VII.
Metode
Pembelajaran
1. Numberet Head Together (NHT)
2. Diskusi
3. Tanya
jawab
VIII. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Ke 5
No |
Kegiatan Pembelajaran |
Waktu (Menit)
|
1.
|
Kegiatan
awal (pendahuluan)
-
Guru
menciptakan suasana kelas yang religius dengan berdoa dan
membaca Al Qur’an secara bersama-sama sebagai wujud Ketuhanan Yang Maha Esa
-
Guru mengecek
kehadiran siswa (absensi)
-
Guru mengulas materi pertemuan yang lalu secara singkat
dan komunikatif
|
10’
|
2.
|
Kegiatan inti :
A.
Eksplorasi
-
Guru melakukan
apersepsi dan memberikan pertanyaan yang berkaitan pemanfaatan sumber daya
ekonomi yang bermoral secara kreatif
dan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa
-
Siswa diberi kesempatan untuk memberikan
pendapat/ide/gagasan contoh pemanfaatan
sumber daya ekonomi yang bermoral secara mandiri dan bertanggung
jawab
B.
Elaborasi
-
Siswa dibagi menjadi 8 kelompok dengan satu kelompok
terdapat 4-5 siswa untuk diskusi pemecahan masalah untuk menumbuhkan rasa
peduli dengan bekerja sama terkait materi
sumber daya
-
Siswa berdiskusi berkenaan dengan masalah yang diberikan guru secara demokratis
dan tenang
-
Salah
satu siswa yang dipanggil berdasarkan nomor secara acak menyampaikan hasil
diskusi dengan mandiri dan kreatif sebagai bentuk pertanggungjawaban
diskusi
-
Siswa lain memberikan tanggapan dan pertanyaan terhadap
hasil diskusi secara mandiri
C.
Konfirmasi
-
Setelah siswa
melakukan diskusi,
guru meluruskan tentang contoh
pemanfaatan sumber daya ekonomi yang bermoral secara komunikatif dan bertanggung
jawab
-
Guru memberikan simpulan tentang materi alat pemenuh
kebutuhan secara cermat dan komunikatif
|
60’
|
3.
|
Kegiatan Akhir :
-
Guru memberikan
dorongan dan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif dalam diskusi dan tanya
jawab secara mandiri dan berani
-
Guru
memberikan tugas rumah kepada siswa terkait materi sumber daya ekonomi dan
pemanfaatannya secara bertanggung jawab
-
Guru
menutup/mengakhiri pertemuan dengan mengucapkan salam
|
20’
|
IX.
Alat
1. Spidol,
penghapus
X.
Sumber
Buku:
1. IPS
Terpadu untuk SMP/Mts Kelas VII Platinum
2. IPS Terpadu Kelas VII Yudhistira
3. IPS Terpadu Kelas VII Aneka Ilmu
XI.
Media
1. Kertas buffalo
XII.
Materi Diskusi
1.
Mengapa manusia
menjadi pusat segala bentuk pemanfaatan macam-macam sumber daya yang ada? Bagaimana
manusia memanfaatkan sumber daya yang ada? Jelaskan dan berikan contoh yang
mendukung penjelasan kelompokmu!
2.
Mengapa manusia
harus memanfaatkan sumber daya yang ada dengan bermoral dan bijaksana? Jelaskan
apa yang dimaksud bermoral dan bijaksana serta berikan contoh pemanfaatan
sumber daya secara bermoral dan bijaksana’ diskusikan dengan kelompokmu!
3.
Sumber daya
terdiri atas beberapa macam salah satunya adalah sumber daya alam hayati yaitu
hutan primer’ apa yang harus dilakukan manusia agar hutan tidak rusak dan
gundul? Dan ketika hutan primer rusak dan gundul, bagaimana cara
memperbaikinya? Diskusikan dengan kelompokmu!
4.
Terdapat sumber
daya buatan (teknologi), jelaskan apa itu sumber daya buatan? Berikan contoh
sumber daya buatan dan bagaimana manusia memanfaatkan sumber daya buatan dalam
memenuhi kebutuhannya?’ diskusikan dengan kelompokmu!
XIII.
Pedoman Penilaian Diskusi
No
|
Kriteria
Penilaian
|
Bobot
|
1
|
Kerja sama
|
30
|
2
|
Bahasa
|
30
|
3
|
Ketepatan jawaban
|
40
|
Jumlah
|
100
|
Nilai = Skor nilai x
100% = 100
Jumlah skor
Mengetahui,
Guru Pamong
(Dra. Nunung MS.)
NIP: 196506171992032003
|
Semarang,
September
2013
Guru
Praktikan
(Arum Novitasari)
NIM: 7101410188
|
Comments
Post a Comment