CONTOH KASUS MANEJEMEN PERSONALIA
CONTOH KASUS MANEJEMEN PERSONALIA
Perusahaan Pakar Advertising adalah perusahaan yang bergerak pada
bidang periklanan. Perusahaan menargetkan peningkatan pemakaian jasa pembuatan
iklan sebesar 25% pada periode yang akan datang. Untuk itu sebagai manager
personalia akan melaksanakan langkah-langkah sebagai berikut:
1.
Perencanaan
Akan mempersiapkan perekrutan karyawan baru dengan menekankan aspek
pendidikan dan pengalaman kerja dibidang advertising calon karyawan.
2.
Analisis dan desain pekerjaan
Karyawan nantinya akan ditempatkan di bagian devisi pemasaran yang
nantinya akan membantu devisi pemasaran mengoptimalkan kepercayaan klien dalam
memakai jasa periklanan. Untuk itu seorang calon karyawan harus merupakan
lulusan dari fakultas ekonomi suatu universitas. Calon karyawan lebih
diutamakan dari managemen pemasaran dan lebih harus memiliki keteramplilan
berbahasa inggris yang baik. Apalagi yang sudah memiliki pengalaman dibidang
pemasaran akan lebih mendukung.
3.
Penarikan tenaga kerja dan
Seleksi tenaga kerja
Penarikan dan Seleksi tenaga kerja meliputi:
1.
Penerimaan pendahuluan
Dimana setiap
pelamar diharuskan berpendidikan minimal S1. Selain itu harus memiliki
kemampuan bahasa Inggris baik tulis maupun bicara.
2.
Test penerimaan, meliputi:
a.
Tes pskologis
Dalam tes ini
pelamar diharap dapat tetap berfikir jernih dan dapat membantu penyelesaian
dibagian pemasaran guna membantu target perusahaan.
b.
Tes kemampuan
Pelamar akan dilihat
dengan benar-benar bagaimana kemempuannya dibidang advertising terutama
pemasaran. Dalam tes ini pelamar diharuskan mengungkapkan Bagaimana cara atau
strategi pemasaran masing-masing pelamar dalam memikat para pengguna jasa
periklanan??.
3.
Wawancara seleksi
Dalam hal ini
pelamar akan menghadapi pertanyaan sebagai berikut:
a.
Apa motivasi pelamar
menginginkan kerja di Pakar Advertising?
b.
Bagaimana wujud pengabdian
pelamar jika nantinya di terima di Pakar Advertising?
c.
Apa harapan pelamar jika di
terima di Pakar Advertising?
4.
Pengalaman Referensi
Perusahaan akan
memeriksa berkas-berkas pengalaman kerja dan data-data dari perusahaan
sebelumnya.
5.
Evaluasi medis
Dalam proses ini
pelamar akan melalui tahapan tes kesehatan.
6.
Wawancara Penyelia
Pimpina perusahaan
akan lebih bertanya tentang motivasi si pelamar dalam mengambil keputusan memilih
Pakar Advertising disbanding perusahaan-perusahaan periklanan lainnya.
7.
Pengambilan keputusan
Pelamar yang
berhasil masuk ke perusahaan dilihat dari hasil-seleksi-seleksi yang memenuhi
criteria dan kesanggupannya.
4.
Orientasi Pelatihan dan
Pengembangan
a.
Program orientasi
Dalam hal ini
karyawan akan dikenalkan pada devisi pemasaran apa dan bagaimana cara kerjanya.
b.
Latihan
Karyawan akan
dilatih dalam hal pemasaran. Bagaimana cara meningkatkan cara pemasaran, sikap
terhadap klien, dan menjaga kepuasan klien pengguna jasa periklanan. Nantinya
karyawan akan dilatih di PT. Abadi Sentosa.
c.
Pengembangan
Dalam pengembangan
ini karyawan akan diberi kesempatan melakukan studi banding pemasaran ke luar
negeri dalam rangka mengembangakan kinerja dalam melakukan pemasaran.
5.
Penilaian Kinerja
Penilaian akan dilihat dari segi absensi dan kehadiran disetiap
rapat, selain itu aka dilihat dari berapa banyaknya klien yang berhasil di
tarik menjadai pelanggan. Dalam pemberian kompensasi kinerja karyawan yang
memiliki kinerja dan prospek baik akan berkesempatan di beri promosi sebagai
kepala bagian devisi pemasaran dan peningkatan gaji yang berbeda dari
karyawan-karyawan lainnya.
6.
Pemberian kompensasi
Dalam pemberian kopensasi jika target pada devisi pemasaran tercapai
maka di bagian ini semua karyawan akan mendapatkan bonus dengan kenaikan gaji
sebesar 10%. Selain itu setiap karyawan di Pakar Advertising akan menerima
asuransi jiwa dan juga tunjangan di hari-hari libur besar.
7.
Pemeliharaan Tenaga Kerja
Dalam pemeliharaan tenaga kerja, karyawan dengan prospek baik akan
selalu di beri latihan-latihan dan juga megang diperusahaan lain.
Comments
Post a Comment