Mahatma Gandhi


Mahatma Gandhi






M.K Gandhi lahir di Porbandar, India pada tanggal 2 Oktober 1869. Ia adalah seorang pemimpin spiritual juga pemimpin politik paling berpengaruh di India, terutama dalam pergerakan kemerdekaan India tahun 1990an. Ia juga disebut Mahatma Gandhi yang berarti Great Soul. Gandhi bukanlah warga yang kaya, punya titel, maupun derajat akademik. Namun dalam kesederhanaanya, Gandhi dapat membuat perubahan besar bagi negara dan bangsanya, India.
      Kedamaian dalam hidupnya ia perlihatkan dalam sifat dan tindakannya yang sederhana. Ia selalu menerapkan hidup mandiri, terutama dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Bila Gandhi mengajukan suatu protes atas ketidakadilan yang terjadi, hal itu tidak ia tunjukan dengan kekerasan, melainkan aksi puasa.
      Sumbangannya terhadap perdamaian sangat banyak. Seperti yang ia katakan, "Peace will not come out of a clash of arms but out of justice lived and done by unarmed nations in the face of odds." Gandhi sangat yakin bahwa perdamaian bisa diwujudkan tanpa kekerasan, cukup dengan menyebarkan kasih terhadap sesama. Banyak hal yang telah ia lakukan untuk mewujudkan perdamaian. Tahun 1893, Gandhi pernah bekerja di Afrika Selatan yang pada saat itu dikuasai oleh Inggris. Di sana, ia tidak mendapatkan haknya sebagai warga sipil, juga orang India lainnya. Selama di Afrika Selatan, ia memperjuangkan hak-hak orang India di sana dengan aksi-aksi sosial berdasarkan prinsip tanpa kekerasan dan kebenaran yang disebut Satyagraha.
      Tahun 1915, Gandhi pulang ke India dan mulai memimpin pergerakan nasionalis India. Ia tetap menggunakan Satyagraha sebagai senjatanya melawan penjajahan Inggris.Ia juga melakukan aksi tidak melakukan kerja sama dengan penjajah. Karena sikapnya ia sering dimasukkan penjara. Namun hal itu ia anggap sesuatu yang terhormat karena ia masuk penjara untuk membela keadilan. Ia juga berpuasa untuk mempengaruhi orang lain agar tidak melakukan kekerasan.
      Setelah India mendapatkan kemerdekaannya tahun 1947, dan dibagi menjadi India dan Pakistan, Gandhi juga berperan dalam menganjurkan perdamaian antara warga Hindu dan Muslim. Ia berpuasa untuk menghentikan pertumpahan darah. Tanggal 30 Januari 1948, Gandhi dibunuh oleh seorang fanatik Hindu yang menolak program Gandhi dalam bertoleransi untuk semua agama dan kepercayaan.
      Karena jasa-jasanya, di India ia mendapat penghargaan sebagai Father of Nation dan hari lahirnya, 2 Oktober, diperingati sebagai Gandhi Jayanti. Tanggal itu juga disepakati oleh PBB sebagai Hari Internasional Tanpa Kekerasan.
      M.K Gandhi adalah salah satu tokoh besar yang dapat membuktikan bahwa perdamaian bisa diwujudkan tanpa kekerasan dalam arti yang sebenarnya. Ia lebih memilih berpuasa, tidak bekerja sama dengan penjajah, memenuhi kebutuhan sendiri, membalas kekerasan dengan kasih dan tindakannya terbukti mampu membawa perdamaian. 

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA