Pemasaran Berwawasan Masyarakat
KONSEP PEMASARAN BERWAWASAN MASYARAKAT ATAU SOCIAL MARKETING
Pemasaran adalah kegiatan pemasr untuk menjalankan usaha
guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, mendistribusikan,
mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan pemasaran. Konsep ini menyatakan bahwa tugas industri adalah menentukan
keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif
serta lebih efisien dari pada saingannya dengan cara mempertahankan atau
meningkatakan kesejahteraan pelanggan
dan masyarakat. Konsep pemasaran bermasyarakat atau social memintan pemasar
untuk menyeimbangkan tiga factor dalam menentukan kebijaksanaan pemasar yaitu:
1.
Keuntungan industri jangka
pendek.
2.
Kepuasan pelanggan jangka
panjang.
3.
Kepentingan umum dalam
pengambilan keputusan.
Program social marketing merupakan upaya untuk
memanfaatkan teknik-teknik dan sumber usaha komersial untuk mencapai tujuan
social dalam hal tersedianya perlengkapan, informasi dan pelayanan secara luas.
Istilah social marketing sendiri menggambarkan esensi dari melayani kepentingan
social melalui teknik-teknik pemasaran. Pemasaran social memanfaatkan
konsep-konsep segmentasi pasar, penelitian konsumen, pengembangan konsep,
komunikasi, fasilitas, intensif dan teori pertukaran untuk memaksimal respon
dari kelompok sasaran termasuk kepuasan pelanggan.
Konsep Dasar Pemasaran Sosial:
1.
Adanya tujuan objektivitas yang
didesai untuk memenuhi kebutuhan dan keingingan kelompok sasaran.
2.
Pemasaran social adalah suatu
proses teknikal-menejerial dan social-behaviorel yang menyangkut bayak
partisipan dari pembuat keputusan-adopter.
3.
Pemasaran social bukan
semata-mata periklanan tetapi suatu proses yang lebih luas.
4.
Program pemasaran social
haruslah efektif dan merata utuk jangka pendek dan efisien untuk jangka
panjang, untuk menjamin investasi dan alokasi sumber-sumber.
Kepuasan Pelanggan Sepenuhnya (Total Custemer Satisfaction)
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan
kinerja yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Kepuasan pelanggan di
bedakan menjadi 3 taraf:
1.
Memenuhi kebutuhan-kebutan
dasar pelanggan.
2.
Memenuhi harpan pelanggan
dengan cara membuat pelanggan kembali lagi.
3.
Melakukan hal lebih yang
diingnkan pelanggan
Dari ketiga tarf diatas, keberhasilan strategi pemasaran dapat
dicapai sudah mencapai ketaraf 3, yaitu yang paling memberikan kepuasan kepada
pelanggan. Langkah yang pertama untuk memuaskan pelanggan harus menentukan dan
dan mengatasi kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Untuk mencapai kepuasan pelanggan
dalam konteks industri diperlukan beberapa usaha diantaranya:
a.
Filosofi kepuasan pelanggan
b.
Mengenal kebutuhan atau harapan
pelanggan
c.
Membuat standard an pengukuran
kepuasan pelanggan
d.
Orientasi karyawan
e.
Pelatihan
f.
Keterlibatan karyawan
g.
Pengakuan
Cara yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan:
1.
System keluhan dan saran
2.
Surveri kepuasan pelanggan
3.
Analisa pelanggan yang beralih
Comments
Post a Comment