Pemasaran Berwawasan Masyarakat


KONSEP PEMASARAN BERWAWASAN MASYARAKAT ATAU SOCIAL MARKETING

Pemasaran adalah kegiatan pemasr untuk menjalankan usaha guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, mendistribusikan, mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan pemasaran. Konsep ini menyatakan bahwa tugas industri adalah menentukan keinginan serta kepentingan pasar sasaran dan memenuhi dengan lebih efektif serta lebih efisien dari pada saingannya dengan cara mempertahankan atau meningkatakan kesejahteraan  pelanggan dan masyarakat. Konsep pemasaran bermasyarakat atau social memintan pemasar untuk menyeimbangkan tiga factor dalam menentukan kebijaksanaan pemasar yaitu:
1.                  Keuntungan industri jangka pendek.
2.                  Kepuasan pelanggan jangka panjang.
3.                  Kepentingan umum dalam pengambilan keputusan.
Program social marketing merupakan upaya untuk memanfaatkan teknik-teknik dan sumber usaha komersial untuk mencapai tujuan social dalam hal tersedianya perlengkapan, informasi dan pelayanan secara luas. Istilah social marketing sendiri menggambarkan esensi dari melayani kepentingan social melalui teknik-teknik pemasaran. Pemasaran social memanfaatkan konsep-konsep segmentasi pasar, penelitian konsumen, pengembangan konsep, komunikasi, fasilitas, intensif dan teori pertukaran untuk memaksimal respon dari kelompok sasaran termasuk kepuasan pelanggan.

Konsep Dasar Pemasaran Sosial:
1.                  Adanya tujuan objektivitas yang didesai untuk memenuhi kebutuhan dan keingingan kelompok sasaran.
2.                  Pemasaran social adalah suatu proses teknikal-menejerial dan social-behaviorel yang menyangkut bayak partisipan dari pembuat keputusan-adopter.
3.                  Pemasaran social bukan semata-mata periklanan tetapi suatu proses yang lebih luas.
4.                  Program pemasaran social haruslah efektif dan merata utuk jangka pendek dan efisien untuk jangka panjang, untuk menjamin investasi dan alokasi sumber-sumber.
Kepuasan Pelanggan Sepenuhnya (Total Custemer Satisfaction)
Kepuasan adalah tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja yang dirasakan dibandingkan dengan harapannya. Kepuasan pelanggan di bedakan menjadi 3 taraf:
1.                  Memenuhi kebutuhan-kebutan dasar pelanggan.
2.                  Memenuhi harpan pelanggan dengan cara membuat pelanggan kembali lagi.
3.                  Melakukan hal lebih yang diingnkan pelanggan
Dari ketiga tarf diatas, keberhasilan strategi pemasaran dapat dicapai sudah mencapai ketaraf 3, yaitu yang paling memberikan kepuasan kepada pelanggan. Langkah yang pertama untuk memuaskan pelanggan harus menentukan dan dan mengatasi kebutuhan-kebutuhan pelanggan. Untuk mencapai kepuasan pelanggan dalam konteks industri diperlukan beberapa usaha diantaranya:
a.                   Filosofi kepuasan pelanggan
b.                  Mengenal kebutuhan atau harapan pelanggan
c.                   Membuat standard an pengukuran kepuasan pelanggan
d.                  Orientasi karyawan
e.                   Pelatihan
f.                   Keterlibatan karyawan
g.                  Pengakuan
Cara yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan:
1.      System keluhan dan saran
2.      Surveri kepuasan pelanggan
3.      Analisa pelanggan yang beralih

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA