MANAJEMEN PERSONALIA


MANAJEMEN PERSONALIA 
Oleh: Arum Novitasari (7101410188)
Manajemen personel merupakan seluruh proses kegiatan yang direncanakan dan diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara continue para pekerja disekolah, sehingga mereka dapat membantu atau menunjang kegiatan-kegiatan sekolah khususnya PBM secara efektif dan efisien demi tercapainya tujuan pendidikan yang telah ditetepkan. Para personel harus dikelola dengan baik agar mereka senantiasa aktif dan bergairah dalam menjalankan tugasnya sehari-hari.
A.    PERENCANAAN PERSONALIA
Penyiapan dan pengadaan pegawai
Dalam penyiapan dan pengadaan pegawai, seorang pelamar harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
a)         Waga negara indonesia, seseorang yang melamar di SMK TEUKU UMAR harus berkewarganegaraan indonesia. dapat dibuktikan dengan memiliki kartu tanda penduduk indonesia.
b)        Beragama islam, seseorang yang melamar di SMK TEUKU UMAR harus beragama islam, karena SMK TEUKU UMAR memiliki basic islam, sehingga para siswa dan pengajar putri  yang belajar dan mengajar disana harus memakai kerudung dan memiliki kepribadian yang mencerminkan seorang muslimah.
c)         Berpendidikan minimal S1, seseorang yang melamar di SMK TEUKU UMAR sebagai pengajar harus memiliki ijazah S1, dan sesuai dengan bidang yang dibutuhkan.
d)        Sehat jasmani dan rohani, seseorang yang melamar di SMK TEUKU UMAR harus memiliki kesehatan jasmani dan rohani.
Cara melamar di SMK TEUKU UMAR :
a)         Setiap pelamar harus mengajukan lamaran yang ditulis dengan tulisan tangan sendiri yang ditujukan kepada sekolah yang dituju, karena SMK TEUKU UMAR terdiri dari tiga instansi, yakni SMP, SMA, SMK. Dan harus disertai lampiran-lampiran:
1)        Daftar Riwayat Hidup
2)        Foto copy ijazah yang telah disahkan oleh pejabat yang berwajib, saperti kepala sekolah.
3)        Surat keterangan sehat dari dokter.
4)        Pas foto
5)        Surat keterangan / bukti lainya sesuai dengan syarat – syarat yang telah ditentukan.
b)        Setelah surat lamaran sampai di instansi terkait, surat lamaran akan di ajukan lagi ke pihak yayasan, dan dilakukuan rapat yayasan yang didalamnya akan menentukan diterima atau tidaknya pelamar tersebut.
c)         Setelah pihak yayasan memutuskan bahwa pelamar tersebut diterima, maka pihak sekolah akan memanggil si pelamar untuk diwawancarai.
d)        Setelah terjadi kesepakatan, maka kerjasama antara keduanya bisa bisa dilakukan.
B.     PENGORGANISASIAN
1.        Penentuan, Penempatan pegawai atau personel
Agar para personel di SMK TEUKU UMAR dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan tepat guna, maka pihak sekolah menggunakan prinsip “ the right man on the right place”. jadi dalam penempatan pegawai SMK TEUKU UMAR sangat memperhatikan keahlian, latar belakang pendidikan, dan pengalaman. Sehingga tidak akan terjadi pangangguran tidak ketara, dan  antara pegawai satu dengan pegawai yang lain tidak akan terjadi adanya kesenjangan sosial dan kecemburuan sosial yang akan mengakibatkan ketidak kompakan antara personel atau pegawai.
2.        Pembinaan Pegawai
Dalam pembinaan pegawai SMK TEUKU UMAR menggunakan beberapa cara:
Pelatihan, pelatihan merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan mutu dan kialitas guru dalam mengajar, sehingga dapat mempengaruhi perkembangan pendidikan di Indonesia.
C.    PENGGERAKAN
Sistem prestasi kerja adalah suatu sistem kepegawaian, dimana untuk pengangkatan seseorang dalam jabatan didasarkan atas kecakapan dan prestasi yang telah dicapainya. Dalam prestasi inilah mencerminkan sebuah keberhasilan dari penggerakan organisasi. Dan prestasi tersebut harus dibuktikan dengan suatu tanda lulus ijian jabatan, semisal surat pernyataan, piala, piagam, dll
 Prestasi kerja yang ada di SMK TEUKU UMAR dilakukan bilamana diakhir tahun ada salah satu anak didik disana memperoleh nilai sembilan keatas, maka seorang guru tersebut dianggap telah berhasil melakukan PBM. Keberhasilan guru dalam mengajar dapat menjadikan siswa yang berkompeten. Beberapa kejuaraan yang tilah dicapai SMK TEUKU UMAR
program keahlian akuntansi
1.        juara III lomba akuntansi tingkat jawa tengah tahun 2006
2.        juara II lomba pks akuntansi tingkat kota semarang tahun 2006
3.        juara II lomba pks akuntansi tingkat karesidenan tahun 2006
program keahlian penjualan
1.        Juara II lomba pks penjualan tingkat kota semarang tahun 2006
2.        Juara II lomba pks penjualan tingkat karesidenan tahun 2006
3.        Juara harapan I lomba pks tingkat kota semarang tahun 2007
program keahlian adm. perkantoran
Juara harapan I lomba pks adm. perkantoran tingkat kota semarang tahun 2007
prestasi yang pernah diraih oleh smk teuku umar
pada tahun 2006 s.d. 2007
·           juara II lomba jurnalistik tingkat kota semarang tahun 2007
·           juara lomba cerdas cermat tingkat kecamatan tahun 2007
Unit produksi dan jasa (unipro) yang dimiliki oleh SMK Teuku Umar Semarang program keahlian akuntansi
·           bank mini
·           jasa foto copy
Program keahlian penjualan toko koperasi siswa ( hidayah ) program keahlian adm. perkantoran
·           wartel
·           jasa percetakan
D.    SUPERVISI
Supervisi adalah kebijaksanaan sekolah dalam melakukan kegiatan perbaikan personalia guna memperbaiki kinerja sehinggga tujuan dapat tercapai.
Pengembangan Personel
Pengembangan personel perlu dilakukan untuk menjadikan proses belajar mengajar yang aktif dan bisa menjadikan seorang peserta dididk menjadi lebih nyaman dalam PBM. Pengembangan personel yang dilakukan oleh SMK TEUKU UMAR:
a)        Seminar, untuk mengembangkan kualitas para personelnya SMK TEUKU UMAR selalu mengikuti seminar – seminar yang ada, misalkan seminar nasional,
b)        Workshop, selain mengikuti seminar – seminar yang ada, SMK TEUKU UMAR juga selalu  mengikuti workshop sebagai salah satu cara untuk mengembangkan mutu dan kualitas para personelnya.
c)        MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran)
MGMP merupakan salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan mutu dan kualitas guru di Indonesia, dan dengan diadakanya MGMP diharapkan para guru mampu mengembangkan kreatifitasnya dalam mengajar.
E.     CONTROLING
Controling bertujuan agar pelaksanaan kebijakan sesuai dengan recana awal sebuah organisasi.
1.        Penilaian Pelaksanaan  Pekerjaan
Penilaian pelaksanaan pekerjaan dapat diukur dengan
a)        Kesetiaan, adalah kesetiaan, ketaatan, dan pengabdian. Jadi seorang pengajar di SMK TEUKU UMAR harus mengabdi kepada SMK TEUKU UMAR.
b)        Prestasi kerja. Adalah hasil yang dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas yang dinenankan kepadanya.
c)        Tanggung Jawab, adalah kesanggupan seorang untuk menyelesaikan pekerjaan yang diserahkan kepadanya dengan sebaik – baiknya.
Penilaian pelaksanaan pekerjaan di SMK TEUKU UMAR dilakukan di akhir tahun pada saat pengambilan nilai akhir.
2.        Pemberhentian
Pemberhentian dilakukan bila mana seseorang yang bekrja di SMK TEUKU UMAR melakukan kesalahan, seperti:
a)        Berperilaku melanggar UUD 1945
b)        Melanggar tata tertib SMK TEUKU UMAR
c)        Tidak mencerminkan seorang guru

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA