Rancangan Pengembangan Kurikulum Anak TK
Dokumentasi pribadi penulis |
Beberapa pertanyaan yang muncul saat pendidik mengembangkan kurikulum TK/RA:
1. 1. Bagaimana
cara mengidentifikasi karakteristik anak TK/RA?
Jawab:
Cara mengidentifikasi karakteristik anak
TK dapat dilakukan melalui beberapa cara antara lain:
a. Pengamatan
atau observasi, guru harus mengamati perilaku anak selama proses KBM berjalan.
Guru harus menggunakan instrumen penilaian hingga catatan anekdot.
b. Guru
dapat melakukan pendekatan dengan menanyakan sesuatu pada anak.
c. Guru
bekerja sama dengan guru lain atau kepala sekolah untuk mendiskusikan karakter
anak.
d. Mendapatkan
informasi dari orang tua tentang perilaku anak selama di rumah.
Setelah mendapatkan
gambaran karakteristik anak, guru dapat mengembangkan kemampuan anak sesuai
karakteristik tersebut. Guru menyusunRPPH dan rencana kegiatan harian (RKH)
dengan strategi pembelajaran sesuai karakteristik anak didik. Sehingga
pengembangan kemampuan anak dapat berjalan dengan optimal.
2. 2. Buatlah
rancangan pengembangan kemampuan berbahasa pada anak berdasar K13!
Jawab:
Pengembangan kemampuan berbahasa
anak usia terdiri dari empat pengembangan, yaitu mendengarkan, berbicara,
membaca, dan menulis. Guru dapat membuat rancangan pengembangan kemampuan
bahasa untuk menstimulus perkembangan berbahasa anak dengan langkah berikut:
a. Mendengarkan,
guru dapat merancang kegiatan dengan mendengarkan cerita, mendengarkan suara
binatang, menebak lagu melalui pemutar lagu, menyimak cerita, kegiatan pesan
berantai di kelas, menirukan suara, menirukan kalimat, menjawab pertanyaan, mendengarkan
radio, atau mendengar lagu anak.
b. Berbicara,
guru dapat merancang kegiatan yang eksploratif misalnya kunjungan, lalu anak
diminta berdiskusi, menceritakan kembali pengalamannya, menceritakan hasil
karya buatnnya, atau menceritakan program televisi kesukaannya.
c. Membaca,
guru dapat mengajak anak untuk membaca gambar di buku, mengeksplor
tulisan-tulisan di sekitar sekolah.
d. Menulis,
guru dapat member kesempatan anak untuk mencorat-coret, menggambar bebas sesuai
imajinasinya, meniru tulisan di sekitarnya.
Guru menuangkan dalam Rencana Kegiatan Harian (RKH)
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH)
Tahun
Pelajaran 2019/2020
Semester
/ Bulan / minggu : II / Januari / II
Hari
/ Tanggal : Senin , 6 Januari 2020
Kelompok
/ Usia : B5 / 5-6
Tahun
Tema
/ Subtema : Rekreasi
/ Macam – macam kendaraan
A.
Materi
Kegiatan
1. Doa
sebelum dan sesudah belajar
2. Pengenalan
sepeda
3. Pengenalan
keaksaraan melalui bermain
4. Berani
tampil di depan umum
5. Lagu
“ Kring – kring ada sepeda”
B.
Materi
yang masuk dalam SOP untuk pembiasaan
1. Bersyukur
sebagai ciptaan Allah
2. Mengucapkan
salam masuk dalam SOP Penyambutan dan
Penjemputan
3. Doa
sebelum belajar dan mengenal aturan masuk dalam SOP Pembukaan
4. Mencuci
tangan masuk dalam SOP sebelum dan sesudah makan
5. Doa
setelah belajar masuk dalam SOP Penutup
C.
Alat
dan bahan
1. Sepeda
2. Kartu
Huruf
D.
Pembukaan
1. Bernyanyi “Kring – kring ada sepeda”
2. Doa
sebelum belajar
3. Mengenalkan
aturan bermain
4. Berdiskusi
tentang bagian dan fungsi sepeda
5. Berdiskusi
tentang cara menggunakan sepeda
E.
Inti
(Sentra Persiapan)
1. Guru
mengajak anak mengamati alat dan bahan yang disediakan
2. Guru
menanyakan konsep bentuk yang ada di alat dan bahan
3. Guru
menanyakan kepada anak dimana mereka pernah melihat sepeda tersebut
4. Guru
mempersilahkan anak mengelompokkan alat dan bahan sesuai dengan konsep yang
dipahami anak.
5. Anak
melakukan kegiatan sesuai dengan yang diminati dan gagasannya
a. Kelompok
1 : Mendengarkan cerita
b. Kelompok
2 : Bercerita tentang pengalaman naik sepeda
c. Kelompok
3 : Menyusun kartu huruf menjadi kata “ Sepeda”
6. Anak
menceritakan kegiatan main yang dilakukannya
7. Guru menanyakan konsep yang ditemukan anak di kegiatan mainnnya.
F.
Istirahat
1. Cuci
tangan
2. Berdoa
sebelum dan sesudah makan
3. Makan
4. Bermain
G.
Penutup
1. Menanyakan
perasaan hari ini
2. Berdiskusi
kegiatan apa saja yang sudah dimainkan hari ini
3. Bercerita
pendek yang berisi pesan - pesan
4. Menginformasikan
kegiatan esok hari
5. Berdoa setelah belajar
A.
Rencana
Penilaian
1.
Indikator
Program Pengembangan |
KD |
INDIKATOR |
Nilai Agama dan Moral |
1.1
3.1
– 4.1
|
- Anak terbiasa bersyukur
dirinya sebagai ciptaan Tuhan - Anak dapat berdoa
sebelum dan sesudah belajar |
Motorik |
2.1 |
- Anak terbiasa
mencuci tangan |
Kognitif |
3.7 |
- Anak dapat mengenal
bagian dan fungsi sepeda |
Sosial Emosional |
2.6 2.5 |
- Anak terbiasa
mengikuti aturan - Anak terbiasa
bersikap percaya diri |
Bahasa |
3.10
– 4.10
4.11 4.12 |
- Anak dapat
menyebutkan bagian dan fungsi sepeda - Anak dapat
mendengarkan cerita - Anak dapat mengenal
keaksaraan melalui bermain |
Seni |
3.15
– 4.15
|
- Anak dapat
menyanyikan lagu “ Kring – kring ada sepeda” |
A. 2. Teknik Penilaian
a. Skala
Capaian Perkembangan
b. Catatan
Anekdot
Mengetahui
Pengelola
KB wali
kelas
3. 3. Menurut
anda posedur pengembangan kurikulum agar pembelajaran terstuktur dengan baik?
Jawab:
Pengembangan kurikulum yang disusun
harus mampu mengembangkan keragaman potensi, minat, kecerdasan baik itu
kecerdasan bahas, kognitif, social emosional, spiritual, dan motorik serta seni
anak secra optimal sesuai keunikan dan karakteristik anak usia dini.
Kurikulum harus mencakup tujuan
pembelajaran, inti isi dan bahan pelajaran yang digunakan sebagai pedoman
penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan. Pada prinsipnya kurikulum
harus:
a. Berpusat
pada potensi, perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik.
b. Beragam
dan terpadu, dimana kurikulum memperhatikan karakteristik lingkungan sekolah
dengan memasukkan unsure muatan lokal dalam kurikulum. Serta pengembangan diri
secara terpadu dan berkesinambungan.
c. Memperatikan
pekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni seperti drumband.
Comments
Post a Comment