Pasar Besito Baru Mangkrak



Pasar Besito Baru Mangkrak


GEBOG - Sejak selesai akhir 2015 lalu Pasar Besito Baru hingga kini belum ditempati. Terhitung 1,5 tahun dari penyelesaian, kondisi pasar masih belum sempurna. Beberapa pedagang pasar mengatakan enggan pindah dari pasar lama.
”Ya, aku emoh nek pindah. Pasar e durung dadi, kios ijeh kurang” ungkap Badriah salah satu pedagang pasar
Dia juga mengatakan, bahwa pada dasarnya dia mau pindah. Namun jika melihat hingga sekarang pasar tersebut belum lengkap, dia tidak akan pindah. Dia juga tidak mengerti mengapa pedagang pasar akan dipindah ke sana.
”Aku gak ngerti kenopo dikon pindah, dulu sewa kios lama juga mahal. Tapi jenenge orang kecil ya ikut yang atas saja” ungkap perempuan paro baya itu.
Selain belum adanya pagar, listrik yang sejak dulu belum juga dipasang oleh pihak pengelola. Hal serupa juga diungkapkan oleh Sholeh,
”Sudah ada pertemuan-pertemuan tapi ya masih embuh. Belum tahu mau disuruh pindah kapan, padahal pembangunan kios sudah lama” katanya
Dari pantauan Jawa Pos Radar Kudus, kemarin (10/3) keadaan Pasar Baru Besito memang jauh dari kata selesai. Hampir di semua bagian pasar dikelilingi alang-alang dan rumput saking lamanya penyelesaian. Bahkan terdengar suara burung yang terdengar dari dalam bangunan pasar. Tak hanya itu, kondisi kaca dari pasar yang belum ditempati itu juga bolong. 
Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar (Digdagsar) Kudus melalui Kabid Pengelolaan Pasar dan PKL, Andy Imam Santoso mengklarifikasi hal tersebut. Menurut Andy, pihaknya sudah melakukan sosialisasi pada Februari 2017 lalu, dan pedagang mau untuk pindah.
Berkenaan dengan listrik dan air, Andy mengaku pasar tersebut sudah rampung.
”Sebenarnya sudah rampung, listrik dan air juga sudah ada. Hanya saja memang belum kami aktifkan, kan belum serah terima, pokoknya saat pedagang masuk, air dan listrik aktif” ungkapnya, kemarin (17/3).
Dirinya juga mengakui bahwa proses pemindahan pedagang di pasar tersebut cukup lama. Menurutnya, hal itu terjadi karena Dinas Perdagangan dan Pengelolaan Pasar sedang menata SDM. Selain itu pasar lama masih bisa ditempati sementara.
”Banyak staf kami yang masuk masa purna. Selain itu banyak pasar yang juga perlu dirampungkan prosesnya, jadi satu-satu. Seperti Pasar Baru Wergu, belum juga Pasar Jekulo yang kemungkinan prosesnya panjang” ungkap Andy.
Selain itu masalah lain muncul, karena beberapa bangunan nampak mulai rusak padahal belum diserahterimakan. Kaca yang bolong hingga rumput liar yang mengelilingi pasar tersebut.
”Nggak usah khawatir, pasar itu masih dalam masa pemeliharaan. Nanti pemborong yang akan bertanggung untuk memperbaiki,” ungkap Andy
Menanggapi isu kurangnya bangunan kios di Pasar Besito Baru, pihaknya mengatakan, kios yang dibangun sudah sesuai dengan jumlah pedangan di pasar lama. Namun pihaknya masih berkomunikasi berkaitan dengan beberapa pedagang yang bermasalah.
”Ya, kita masih mengedepankan komunikasi yang baik dengan para pedagang,” ungkapnya. (rum)

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA