AIR TERJUN TRETES PATI (HILANG)

Hilang Mencari Air Terjun Tretes Pati
Gue mau curhat alias cerita tentang kebodohan nge-trip kemarin selasa, tepatnya tanggal 20 Januari 2014. Bagaimana nggak gila, muter-muter Kabupaten Pati dari kota hingga tempat tak terjamah. Hari itu, gue rencananya sama temen gue si Atik noh mau mencari tempat refreshing yang indah. Jadi pukul 8 pagi kite meluncur dari Kota Kudus tercinta. Dengan rasa penuh tidak percaya alias mbolang hanya berbekal GPS kite ke tempat yang nggak tahu bakal ketemu atau tidak. Awalnya semua berjalan sesuai rencana. Berhubung rumah Atik di daerah Dawe, kite mutusin untuk menuju Pati lewat jalur tengah, sampai kite berhenti di daerah Gembong. Awalnya kita udah nyasar sewaktu salah jalan, yang harusnya lurus, kita malah belok lewat pasar Gembong. Nggak nanggung-nanggung kalau gue perkiraan, sekitar 2 kilometer ada kali ya kita nyasar. Waktu itu kite masih santai-santai saja sepanjang jalan.

Lalu sampailah kita di depan tempat wisata tulisannya Sendang Sani, kite sempat dua kali muter-muter di satu jalan itu. Sampai akhirnya gue sadar, bensin motor udah mentok dan nggak ada SPBU disekitar tempat itu, akhirnya gue beli eceran harganya satu liter 7500 rupiah (muke gile) padahal harga premium udah turun jadi 6600. Lalu kite nanya tuh sama ibu penjual bensin, dimana letak air terjun tretes itu. Habis dapat jawaban, kite melongo nggak karuan mau lanjut atau tidak. Gimana nggak coba, ibunya bilang air terjun tretes itu masih sangat jauh (oooooooooo), dan letaknya di dalam hutan, kalau nggak sama cowok katanya jangan coz serem. Iya memang, kalau gue nge-trip sama Atik bawaannya pengin ngebolang berdua, kite udah prend, kadang ilang berdua (pekok e). Balik... 
Karena kita tujuannya air terjun tretes, akhirnya kita tidak belok atau sekedar liat wisata sendang sani tersebut. Kita lanjut saja nyari air terjun tretes.


Berbekal GPS kita lanjut gopro, sampai kita sampai di Kecamatan Tlogowungu. Muter-muter deh tu kita udah kayak orang gila aja, Trus lewat jalur Tayu-Pati, jauh banget sampai lewat Bumi Perkemahan Regaloh lah, Hingga akhirnya kita kesasar entah dimana.... Hal yang sama sekali nggak bisa gue jelasin. Membuat kita balik ke Tlogowungu dan nanya ke orang-orang. Waktu itu gue udah putus seasa-asanya,,hehehe.. berhubung sudah hampir 3 jam kite muter-muter kagak nemu-nemu apa yang menjadi maksud hati (idih..bahasanya).

Lalu sampailah kita didesa Gunungsari, kita nanya ke mbak-mbak dijalan. Karena merasa mumet dan udah bingung nggak kepalang, gue berniat mengganti destinasi ke Air Terjun Grenjengan Sewu yang ada di Gunung Wungkal. Dan ternyata............. hooooooooooooooooooo, itu lebih jauh, kita sampai di hutan, hawanya sejuk tapi lumayan dingin. Jalannya sepi minta ampun dan jeleknya nggak ketulungan (duh,,,). Kita ketemu lagi sama mas-mas yang bawa mobil bak terbuka, kite nanya lagi deh dimana letak Gunung Wungkal. Masih kesana, masih jauh jawaban yang hampir sama. Kita hanya mikir gimana biar kita nggak pulang dengan tangan kosong tanpa selembar poto di tangan.

Awalnya dengan jalan yang jelek kita masih toleransi lanjut, makin ke atas (maksudnya jalannya nanjak dan sempit) jalan makin nggak karuan dan bikin kita panik. Hingga sampai di sebuah rumah yang buka toko (pikir gue sama atik, ada aja orang yang mau tinggal di tempat terpencil sejauh ini dari kota). Kiri kanan kulihat saja jalan makin nggak mulus (nyanyi deh), kita nanya ke bapaknya, air terjun tretes dimana? (kita udah putus asa nggak ke Grenjengan Sewu, kejauhan). "Kelewat mbak, tadi di sana" lha...... kelewat.. akhirnya kita turun lagi sama mas-mas sales yang lagi nyetor barang ke tokonya si bapak. Ditunjukkin deh tuh jalan kalau mau sampai ke air terjun tretes.

krik..krik..krik... Sepinya itu lho nggak nahan, kita berdua celingak-celinguk. Gimana nih? Gimana? berhubung sangat sepi dan kite berdua cewek dan nggak ada tempat buat nitipin motor, maka kita urungkan saja niatnya buat ke air terjun tretes. Kita cuma tahu sampai jalan setapak menuju ke sana, kecewanya nggak ketulungan rek. Nih poto jalan setapaknya, gue ambil dari web orang.


pulang deh kite ke Kudus

Comments

  1. Mbak ini orang Kudus ya
    Salam kenal saya juga penghuni kota Kudus

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TUGAS DAN WEWENANG ORGANISASI SPBU

DAFTAR SMP SE KABUPATEN KUDUS

CONTOH PENERAPAN METODOLOGI EKONOMETRIKA